Translate

Friday, September 23, 2011

School Organization-OSIS

Halo semuanyaaa.. How are u?? Ga kerasa udh hampir 1 bulan ni ga update blog krn jdwl yg cukup sibuk jg.. Aq hrs pg ke Melbourne lg untuk datang di my bro's graduation, blm lg urusin krjaan n bbrp hal lain yg cukup menyita waktu dan tenaga.. However, thanks God that everything went so smooth.. :) I will tell u some about the graduation day later.. Sekarang, aq mulai ceritanya ya.. Sesuai dengan titlenya yg berjudul OSIS, aq beberapa hari yang lalu tiba2 teringat masa2 dmn aq menjadi slh 1 anggota OSIS dan akhrnya pada waktu SMP 2 sekali lagi diberi chance yg luar biasa oleh Tuhan untuk menjadi ketua OSIS.. Disini ceritanya dimulai, enjoyyy guys :D

OSIS adalah sebuah organisasi sekolah yang ada pada saat kalian SMP dan SMA. Sejak aq masuk SMP 1, aq udh berkeinginan banget untuk menjadi salah 1 OSIS.. Jujur saja yang mendasari keinginan aq waktu itu adalah karena jadi OSIS sepertinya enak.. Pada waktu MOS (school orientation) dikejar banyak adik2 kelas untuk meminta tanda tangan, dan juga pastinya mempunyai kebanggaan tersendiri jika menjadi OSIS (terkenal, memperluas pergaulan dengan kakak kls).. Sama sekali tidak ada di pikiran sy untuk menjadi OSIS karena sy ingin belajar bagaimana cara untuk bekerja di sebuah organisasi. Alhasil, aq benar2 terpilih menjadi anggota OSIS.. Wah bangga banget dong aq pas itu, tp untung saja msh dapat menyeimbangkan antara pelajaran, tgs2 sekolah, serta tgs2 OSIS.. SMP 1 msh dpt aq bilang normal normal sajalah karena aq cuma menjadi anggota biasa, dan aq tdk mendapat tugas yg banyak banget dr kakak2 OSIS, kebnyken tgs2 penting dikerjakan oleh OSIS kelas SMP 2 dan SMP 3. So everything's ok that time..

SMP 2.. Ini waktu dmn2 cukup banyak perubahan dlm diri aq, ke arah negatif so pasti,hahhahahha :D Tp sekarang aq lihat semuanya sebagai pengalaman berharga.. Aq dapat dibilang dekat dengan kakak2 OSIS lainnya.. Sehingga pada saat pencalonan ketua OSIS, aq dicalonkan.. Sekali lg bangga dong ya pastinya. Ga aq aja sih, banyak siswa siswi berbakat lainnya yang juga dicalonkan.. Waktu itu, aq mendapat dukungan yang banyak dr tmn2ku, serta dr adik2 kls.. Mngkn karena pd saat aq jd OSIS di SMP 1, pada waktu MOS, aq tdk memberikan 1 perintah apapun pada adik2 kls untuk mendpt tnd tanganq, dengan kata lain aq memberikannya secara gratis sehingga banyak adik kls yg mendukung aq sebagai ketua OSIS.. Then, sebagai calon ketua OSIS kt hrs membuat janji2 perubahan apa yg dilakukan jika nantinya terpilih menjadi ketua OSIS, dan hrs mengatakannya melalui radio umum sekolah yg dapat didengar setiap2 murid2 di kelas masing2.. Pada saat hasil voting diumumkan, aq kaget luar biasa karena aq yg mendapat vote yg paling banyak.. Pada saat mendengar namaku disebutkan di radio sekolah sbg ketua OSIS, pada saat semua tmn2 memberi selamat, aq super kaget dan shock.. Seakan tdk percaya, aq segera turun tangga sekolah untuk menge-check di papan pengumuman sekolah dan aq melihat bahwa aq mendapatkan vote terbanyak.. Wawww.. 'Aq skg ketua OSIS lho,hahhahaha'  itu pikiran aq pada saat terpilih..

Akhrnya hari2q sebagai ketua OSIS dimulai.. Aq sering keluar kelas karena dipanggil guru.. Pada waktu itu, guru selalu memberikan kertas panggilan yg ditandatangani jika ingin memanggil murid untuk urusan tertentu.. Ga tau knp juga, pada waktu aq menjadi ketua OSIS, banyak banget adik2 kls yg ramah banget sama aq.. Dan lambat laun, aq menyadari bbrp dr antara mereka ramah, karena ingin aq memilih mereka sebagai OSIS pada saat pemilihan untuk thn ajaran baru dimulai.. Aq yg sekarang berpikir pada waktu aq menjabat sebagai ketua OSIS, aq sama sekali tdk memberikan contoh yg baik.. I'm not a good leader at all in every aspect.. Fiuhhhh, I have to admit that.. I tell u why.. At that time, aq memanfaatkan jabatan aq sebagai ketua OSIS dengan keluar kelas bersama teman2 aq.. Guru pembimbing OSIS, memberikan kertas panggilan yg cukup banyak yg sudah ditandatangani dengan kolom nama kosong, jd aq bs menulis sesuka hati.. Seharusnya aq memakai kertas aq jika benar2 ada rapat atau sesuatu yg urgent bukan? Namun tidakk.. Jika aq malas di kls, aq menulis namaq sendiri, beserta nama2 tmn2 terdekatq pada saat itu agar bisa keluar kelas, lalu pergi ke kantin atau hanya sekedar jalan2 di kelas.. Aq terlambat datang di kelas elektronika karena ngobrol dengan tmn2 bahkan gurunya membentak aq sambil berkata,' Kamu sebagai ketua OSIS seharusnya memberi contoh yang baik'.. Makan di kelas, ketahuan mencontek sampai kursiq dipindah, melabrak adik kelas hanya karena mslh kecil.. Pada saat ada tmn aq melabrak, aq justru ikut melihat dan diam saja tanpa melakukan apapun.. 

Tidak hanya itu teman2, nilai pelajaran aq semuanya jatuh.. Bukan hanya mslh OSIS, tp ada mslh2 lain seperti hubungan dekat aq dengan seseorang, dengan teman2 lain, semuanya jd berantakan, tdk ada yg benar.. Aq yg biasanya selalu 3 besar di kelas, seketika pada saat rapot pertengahan semester dibagikan, aq menjadi ranking 18!! When I looked at it, I was so sad.. Sedih, kaget, perasaan tdk percaya semuanya campur jd 1.. Di pikiran aq pada saat itu, 'Aq ketua OSIS tp ranking 18??' What I have to do now? Setres banget pada waktu itu, sampai udh ga bisa mikir di meja melamun terus.. Pandangan aq kosong.. Udah ga bisa mikir apa2.. Sampai pada waktu itu, koko aq, Andry, mulai mengajak aq ke gereja untuk menemani dia.. Dari situ, aq perlahan2 mulai mengalami pencerahan.. Hati aq menjadi tenang setelah aq pergi ke gereja, dan aq mulai bisa berpikir dengan tenang dan lebih jernih lagi.. Masalah aq pada saat itu ga cuma tentang pelajaran, namun ada juga yg menyangkut masalah hati.. Namun perlahan2 aq mulai bangkit.. Pada saat aq mulai menyertakan Tuhan dalam setiap keputusan yg aq ambil, everything was getting better and better.. Bukan berarti masalahnya langsung hilang semua.. Tidak.. Namun aq mulai mempunyai perspective berbeda mengenai masalah2 tersebut.. Mulai dapat menghandlenya perlahan2..

I said to myself that I must and I still can fix everything now.. Tidak ada kata terlambat jika kamu mau mencoba lg.. Bible said,' selama masih dapat dikatakan satu kali lagi..' Pertama2 aq mulai fix masalah aq dalam pelajaran, aq mulai belajar dengan sungguh2 lg, merefresh semua cara belajarq menjadi lebih baik lg, dan perlahan2 sungguh nilai aq membaik dan dlm 3 bulan aq naik jd rangking 10.. Memang masih bukan 3 besar, tapi Tuhan terbukti tidak pernah mengecewakan anakNya yg sudah berusaha lho.. Yg aq liat disini adalah : I give my best, I do my part, He will lift me up.. Dan setelah rank.10, di semester berikutnya barulah rangking aq menjadi lebih baik dan lebih baik lg.. Aq mulai memperhatikan OSIS aq dengan seutuhnya, tdk setengah2.. Tidak memanfaatkan jabatan yg aq punya.. Sulit lho, bagaimana mengubah cara kerja suatu organisasi yg sudah lama dibiarkan begitu saja.. But, I kept focus.. Mungkin sampai pada saat aq sudah tdk lg menjabat sebagai ketua OSIS, organisasi itu sendiri tidak menjadi jauh lebih baik.. However, I had tried my best yg aq bisa sesuai dengan kemampuan aq pada saat itu.. I did not have any leadership skill at that time, I made a lot of wrong decisions.. That's ok.. Tiap orang punya masa lalu dan tiap orang juga pasti melakukan banyak sekali kesalahan pada masa lalunya itu.. That's fine.. Yg penting adalah, jika hal itu terjadi lagi pada hari ini.. Jika mungkin suatu saat nanti saya diberikan kesempatan sekali lagi untuk memimpin suatu organisasi, sy sudah belajar dari pengalaman saya di masa lalu dan akan memberikan yang lebih baik lg.. Yg terbaik dari yg sy bisa..

Everyone can't make a new beginning.. It's a history already.. Saya tdk bisa kembali lagi pada masa lalu.. But, everyone can begin and make a new ending..It starts now!! It doesn't matter how many times u fall.. What matter is do you still want to get up and try again..Jangan pernah putus asa.. Jangan pernah merasa bahwa hanya kamulah yg melakukan banyak sekali kesalahan.. Semua orang melakukan kesalahan.. Jika jatuh, bangkit lg.. Anak muda harus semangat dong :D Bible said,' Hati yg gembira adalah obat namun semangat yang patah keringkan tulang'.. Come on, live ur life to the fullest my friend.. We just live once.. Do ur best.. Do ur part.. God always give us the best.. Always.. Bukankah kita juga harus demikian? If u do ur part, He will do His part.. No doubt at all.. Have faith in Him.. Melalui pengalaman sy sendiri, sy belajar banyak hal, terutama hal ini : Sertakanlah Tuhan dalam setiap keputusan yg kamu ambil di setiap perjalanan hidupmu. Tidak peduli sekecil apapun itu, tetap sertakanlah Tuhan.. Sy melakukan kesalahan besar dengan mengandalkan kekuatan sy sendiri, dengan mengandalkan kekuatan manusia pada saat itu yg akhrnya justru membawa sy ke arah yg tdk baik.. Promosi, kedudukan, pangkat, itu semua datang dari Tuhan.. Gunakanlah sebaiknya.. Put God as the center of your life then everything's gonna be alright.. Mungkin perlu waktu yg cukup lama karena semua butuh proses.. Be patient.. He always keep His promise.. You will understand in the right time :) Kamu tidak perlu mempunyai jawaban dari semua pertanyaan yg kamu punya sekarang.. Seiring dengan berjalannya waktu, km akan menemukan jawaban itu sendiri dengan bimbingan Tuhan.. Bersabarlah dalam hidup ini.. Put ur trust in Him, not in human.. Ok guys :D

Mg2 post aq ini dapat memberikan pengaruh positif ya buat kalian yg membacanya.. :)

Regards, Cindy

2 comments:

  1. Begitu mbaca blog yg ini aq jadi mikir2 knapa ya dulu aq isa ga mau jadi OSIS dengan baik?hahaha...udah dapet kesempatan tp nda mau gunain sebaik-baiknya.. anyway, everyone have their own mistake in the past, yg penting ke depannya kita harus jadi lebih baik lagi, at least, the most important thing is face everything with God presence! thanks for built me up... XOXO Godbless!

    ReplyDelete
  2. hahahha.. jd flashback ya cay?? :) Yang penting skg n ke depannya ok.. Take every opportunity that you have.. I will support u always.. God bless :):)

    ReplyDelete