Translate

Monday, May 7, 2012

A Chance To Make Changes

Greeetingg smuanyaaa!!! How are uuuu??? Disini sudah jam 1 malam, dan tidak tau kenapa juga inspirasi selalu datang di tengah malam,hehhehehe.. Tidak ada rencana buat nulis blog, cuma lagi2 suddenly ada keinginan kuat dalam hati untuk nulis.. Alhasil sempat blank mau nulis tentang apa, padahal di hari2 sebelumnya udah melintas beberap topik, but selalu lupa sejenak pada saat mau mempraktekannya.. hahahah.. However, setelah merenung beberapa saat, ide pun muncul 'light bulp' :):) So, enjoy yaaa!!!

Tahun lalu, pada saat saya liburan di Surabaya selama 2 weeks, saya mendapat kesempatan untuk bertemu dengan cukup banyak teman2 gereja.. Wah seneng banget rasanya guys, mendengarkan mereka bercerita tentang kehidupan mereka masing2.. Saya secara pribadi senang sekali, apalagi mendengarkan kesaksian2 bagaimana God membentuk karakter mereka untuk menjadi lebih dewasa dan lebih bersinar dalam segala hal.. God is so good ya.. And ada 1 teman gereja saya, dia merupakan salah 1 leader connect group juga.. Saya bertanya kepada dia tentang pertumbuhan connect groupnya.. Apakah semua anak2 CGnya bertumbuh ke arah yg jauh lebih baik.. Dia menjawab yes, tapi ada beberapa yang belum bertumbuh..

Saya pada saat itu menjawab : Oh iaa, tapi jangan sampe karena terlalu memperhatikan mereka, kamu sendiri juga surut imannya.. Karena bagaimanapun juga, orang mau bertumbuh atau tidak, itu merupakan pilihan mereka sendiri.. '.. 

Setelah pulang ke rumah, hati saya merasa ada yang aneh, seperti merasa bahwa ada yang tidak benar.. Saya mulai berpikir apakah saya mengucapkan kata2 yang salah..

Perlu waktu yang cukup lama bagi saya untuk memikirkannya, dan pada hari ini tiba2 ada keinginan besar untuk menceritakan apa yang saya dapatkan pada waktu itu.. Saya pada waktu itu melupakan sesuatu.. Pada saat merespon ceritanya, saya melupakan sesuatu yg sangat penting.. Saya lupa untuk benar-benar memposisikan diri saya di posisi dia.. 

Because I always think like this,' I will do my best to help people, I'm willing to do everything to help them to become a better person. Tapi jika seandainya orang tersebut menolak untuk bertumbuh, ya sudah it's his/her choice'.. Namun pada hari itu saya lupa bahwa dia adalah seorang leader yang memiliki kerinduan luar biasa..

Saya sendiri belum pernah sekalipun mempunyai kerinduan yang begitu besar untuk melihat perubahan seorang individu.. Funny yet so true, God let me feel those feeling.. I'm smiling while writing this now.. :D Even myself can't believe it now..

I met someone, she is my friend's friend.. Kita dikenalin setelah pulang dari gereja.. Pertama kali bertemu, rada canggung, dia diam sekali, but in the end i found out dia diam karena sedang sakit tenggorokan.. Hahahahhahahah..

Setelah pergi makan sekali tersebut, kita sempet tidak kontak sama sekali, setelah itu tiba2 kontak lagi janjian gereja bersama, ada acara Easter pada waktu itu di Hillsong, dan kita mulai bicara kapan2 yuk makan ber2.. Dan alhasil yes we ate dinner together, just the 2 of us.. Dan kita cerita super buanyak bangett, sampe malam tidak terasa waktunya.. Besok2nya, kita mulai sering banget kontak, bisa dibilang tiap hari kontak, janjian ketemu, maupun itu nonton, ngafe, ataupun lunch/dinner bareng..

Sejak dinner pertama, saya merasa bahwa Tuhan memberikan dia sebagai tanggung jawab saya..

** When I prayed, I still remember that small voice inside my heart saying : 'She is your responsibility.. Look, I'm gonna change her in every aspect.. Follow me and I will show you many things.. Be with her always.. Give her everything that you have since I am the one that teach you everything.. Lead her with My way'

** Since that moment, I did teach her everything that I learnt from Jesus.. We discussed a lot of things.. Bagaimana kita sering sekali bertukar pikiran, bagaimana saya bisa mengerti sesuatu tentang dirinya tanpa dia menjelaskan terlebih dulu kepada saya, bagaimana saya bisa mengeluarkan kata2 yg berisi pengarahan, bagaimana saya menyemangati dia, sebisa mungkin menemani dia if she needs someone to talk to, bagaimana saya berdoa tiap malam agar imannya selalu dikuatkan..

Semua yang saya lakukan pada waktu itu benar2 tidak pernah terpikirkan.. "Itu seperti bukan saya".. IT'S THE 1ST TIME.. Saya sendiri heran bagaiman bisa saya berubah menjadi seperti itu.. Saya diberikan kesempatan untuk mempunyai kerinduan besar melihat perubahan hidupnya..

Kalau bukan Dia yg menaruh keinginan itu di hati saya, it's impossible for me to do such things.. Totally impossible!! Saya tidak akan mau berkorban sebanyak itu untuk 1 orang yg bahkan saya sendiri tidak seberapa mengenalnya.. She is like a girl, out of nowhere, that God suddenly put in my heart.. OUT OF NOWHERE..

We just knew each other for like 6 months (sebelum dia pulang ke Indonesia), but dari hari ke hari, saya merasa kita sudah mengenal dalam waktu yang lama sekali because we shared and discussed so many things.. Seperti teman yang sudah bertahun2 kenal.. Hampir semua orang di Sydney, mengira saya dan dia sudah berteman sejak lama, and when we said that we only just met months ago, they were so surprised..

Me too, and her of course, still amazed by His way.. We are so close now, even she is in Indo and I'm in Sydney, kita masih bbm an quite often, kadang telpon/skype, atau pake voice note, regardless kesibukan masing2 dan perbedaan waktu yang ada.. I'm so grateful to have sister in Christ like her.. Saya sendiri menjadi saksi mata titik balik perubahannya, and at that time, when she told me that she wanted to surrender all to God, when she said thank u to me.. I was so happy, I even cried once or twice when I prayed because I was so happy. 

** Now, when I looked back at that moment, It makes me feel 'those feelings'.. Saya sekarang mengerti bagaimana rasanya memiliki kerinduan yang tulus untuk melihat perubahan seseorang.. Bagaimana terkadang seorang individual mau melakukan segalanya demi melihat perubahan orang yang mereka kasihi.. Bagaimana meskipun jalan yang ditempuh untuk melihat perubahan orang tersebut susah, banyak sekali hal yang harus dilakukan dan dikorbankan, BUT STILL, they won't give up.. God allows me to experience that moment so I am able to say these things now :

1. IF U WANT CERTAIN PERSON TO CHANGE, DON'T AND NEVER DO IT FOR YOURSELF.. DO IT WITH A HUMBLE HEART.. A SINCERE HEART TO HELP THEM TO CHANGE, TO MAKE THEM A BETTER PERSON WITH A BETTER PURPOSE IN THIS LIFE.. LEAN IT TO GOD'S GRACE ALWAYS.. BECAUSE IF GOD CHANGE ME, IF GOD CAN CHANGE U, GOD ABSOLUTELY CAN CHANGE OTHERS TOO.. IN HIS WAY.. WITH HIS TIME.. AND USING HIS PROCESS.. BE PATIENT AND PRAY A BOLDLY PRAYER.. DON'T GIVE UP..

2. YOU MUST HAVE THE RIGHT MOTIVATION.. ASK YOURSELF WHY U WANT HIS/HER/THEM TO CHANGE? GOD ALWAYS SEES UR HEART.. WHEN U HAVE A HEART OF GENEROSITY, GOD WILL SEE IT AND CAN USE YOU IN HIS PROCESS.. LET GOD DO HIS WORKS.. WHAT U NEED TO DO IS FOLLOW HIS INSTRUCTION..

3. WHEN U HAVE A FRIEND THAT LONG TO SEE HIS/HER FRIEND TO CHANGE, FOR A CORRECT PURPOSE, ENCOURAGE THEM.. TO PRAY MORE, TO HOLD ON TO THEIR FAITH.. BECAUSE NOTHING IS IMPOSSIBLE WHEN U PUT GOD 1ST.. WHEN U ALLOW GOD TO DO HIS OWN PROCESS, U WILL SEE A LOT OF UNIMAGINABLE THINGS THAT WILL MAKE U AMAZED.. HE IS A GOD OF WONDER..  

4. I CALLED THIS AS THE MOST IMPORTANT ONE : LOVE.. LOVE.. AND LOVE.. LOVE IS THE BASIC YET MOST ESSENTIAL THING IN THIS WORLD.. 

- IT'S 'A MUST' THING TO HAVE IF U WANT TO CHANGE SOMEONE.. EVEN IF U HAVE THE BIGGEST FAITH IN THE WORLD BUT U DON'T HAVE LOVE, U WILL GAIN NOTHING.. 

- LOVE IS ABOUT GIVING YOUR BEST.. 

- WITHOUT LOVE, IT'S IMPOSSIBLE TO DO THE THINGS THAT ARE REQUIRED TO HELP PEOPLE TO CHANGE.. THERE IS ALWAYS A PRICE THAT U HAVE TO PAY.. MAYBE IT'S UR TIME AND ENERGY.. BUT IN THE END, AS LONG AS U INCLUDE LOVE IN EVERYTHING U DO, EXPECT NOTHING IN RETURN, HAVE THE RIGHT INTENTION WHY U DO THOSE THINGS, AND SURRENDER ALL TO GOD, EVERYTHING IS POSSIBLE..



## WHEN U SUCCESS TO CHANGE SOMEONE TO BECOME A BETTER PERSON.. U KNOW WHAT.. U WILL FEEL A PRICELESS HAPPINESS.. I DON'T KNOW THE EXACT WORDS TO DESCRIBE THAT FEELING BECAUSE NO WORDS CAN ACTUALLY DESCRIBE IT.. 

- MOREOVER, AFTER A MOMENT, THERE IS AN ADDITIONAL THING THAT GOD WILL GIVE TO U WHEN U SUCCESS TO INFLUENCE AN INDIVIDUAL TO CHANGE IN A BETTER WAY.. CONSIDER THIS AS UR REWARD WHICH IS : U TOO, WILL DEVELOP UR CHARACTER IN A POSITIVE WAY, BECOME MORE MATURE AND PATIENT, ALSO CAN SEE LOTS OF THINGS WITH THE RIGHT PERSPECTIVE.. BECAUSE THE PROCESS THAT GOD USES TO CHANGE SOMEONE, WILL GIVE GREAT IMPACTS TO U TOO WHETHER U REALIZE IT OR NOT.. 

- 1 Corinthians 13:13 = And now these 3 remain : faith, hope, and love. But THE GREATEST OF THESE IS LOVE -

Regards, Cindy

2 comments:

  1. Melita WillyantoMay 31, 2012 at 11:40 PM

    Yes, you really do the God's ministry and God uses you to be a people who make a difference in this world. Keep on believing Him, so you'll look God will use your life more for His Glory! Support you :D Thank you for giving me "super" advice for my CG <3

    ReplyDelete
  2. My pleasure to help. And it's my honour to have a chance to spoke in ur CG.. So happy to be a part of FOG.. :D GBU

    ReplyDelete